defini CORBA (Common Object Request Broker Architecture) adalah sebuah middleware yang dihasilkan oleh sebuah konsorsium yang bernama OMG (Object Management Group). CORBA didesain agar komponen cerdas diizinkan untuk dapat saling menjelajah satu dengan yang lain dan saling berinteraksi melalui suatu objek bus yang bernama ORB (Object Request Broker). Melalui ORB inilah objek–objek yang terletak di local atau di remote pada sistem terdistribusi berbasis CORBA saling berkomunikasi. Untuk mendefinisikan sistem berbasis CORBA terlebih dahulu kita harus mendefinisikan IDL (Interface Definition Language). CORBA dikatakan sebagai sebuah spesifikasi middleware yang ideal yang mendukung suatu sistem terdistribusi yang menerapkan teknologi berbasis objek, selain itu CORBA juga dikatakan sebagai suatu sistem yang terbuka, artinya bahwa teknologi CORBA merupakan sebuah standarisasi yang terbuka bagi siapasaja yang ingin menerapkan. Dengan adanya dua hal tersebut, pengembang dapat membangun sebuah aplikasi yang dapat berkomunikasi walaupun satu dengan yang lainnya menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda.
KELEBIHAN corba:
• Programer dapat dengan mudah menulis aplikasi yang mampu bekerja secara independent antar platform dan jaringan
• Memberikan kemampuan untuk mengintegrasi software aplikasi yang berbeda,tanpa harus tergantung pada fasilitas komunikasi tingkat bawah
• Bekerja secara baik dengan beberapa midleware-midleware yang ada,termasuk microsoft distributor sistem(DCOM) .suport penggunaan secara statis maupun dinamis
• Memberikan ekstensi optional untuk area yang tidak bisa dijamah oleh core aplikasi.
DEFINISI IDL :
IDL dikembangkan untuk menyediakan fungsi khusus, yaitu agar dapat digunakan untuk mendefinisikan suatu antarmuka (Interface) layanan yang tersedia dalam suatu sistem terdistribusi. Untuk menggunakan IDL dan Objek yang terdapat pada sistem berbasis CORBA pengguna harus mengetahui minimal nama interface objek yang akan digunakan. Jika informasi objek telah diketahui sebelumnya maka hal tersebut tidaklah menjadi masalah, tetapi jika pengguna objek tidak mengetahui informasi mengenai objek yang akan digunakan maka hal tersebut akan menyulitkan. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi mengenai objek yang akan dipakai adalah dengan menanyakan kepada pemilik objek tersebut, bagaimana jika pemilik objek tersebut berada di tempat yang jauh dan pengguna tidak mengenal siapa pemilik objek tersebut, hal ini tentunya akan menyulitkan pengguna objek dalam mencari informasi objek yang akan digunakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar